3 Peluang Bisnis di Bidang Pertanian

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara agraris. Anda dapat menemukan bentangan lahan yang luas, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Lahan tersebut banyak yang dikelola menjadi lahan pertanian. Sayangnya tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa bisnis di bidang pertanian bukanlah bisnis yang menghasilkan banyak untung. Banyak pula yang menilai bahwa bisnis ini merupakan bisnis bagi mereka yang tinggal di pedesaan.  Anggapan bahwa orang sukses adalah mereka yang memiliki pekerjaan kantoran.

Keuntungan Besar Dari Bisnis Di Bidang Pertanian

Namun hal tersebut tentu keliru, justru melalui Bisnis pertanian ini mampu memberikan penghasilan yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pekerja kantoran. Yak, tampilan tidaklah memberikan nilai apakah pekerjaan tersebut menghasilkan banyak keuntungan atau tidak. Meskipun Anda bekerja di luar ruangan dan berada di bawah terik matahari, akan tetapi sektor pertanian menjadi salah satu penggerak roda perekonomian terbesar yang ada di Indonesia.

3 Jenis Usaha Atau Bisnis Di Bidang Pertanian Yang Dapat Anda Tekuni

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis pertanian, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Tidak hanya melakukan bisnis tanaman sayuran saja. Masih ada banyak bisnis di bidang pertanian yang dapat Anda coba. berikut ii beberapa contoh yang dapat menjadi ide untuk Anda:

  1. Pertanian organik

Di era yang semakin maju seperti saat ini, gaya hidup masyarakat di berbagai daerah pun ikut mengalami perubahan. Hal ini menjadi salah satu yang disorot di Indonesia. Salah satu perubahan gaya hidup yang ada akibat adanya perkembangan zaman adalah pemahaman mengenai hidup yang sehat. hidup sehat Tidaklah dilihat dari bagaimana rutinitas olahraga, akan tetapi juga terlihat dati dari apa yang dikonsumsi. Dengan adanya hal tersebut, maka bisnis pertanian organik pun semakin meningkat.

Berbeda halnya dengan sistem pertanian yang biasa Anda temukan, pertanian organik ini tidak menggunakan pupuk bahan kimia untuk menyuburkan tanaman. Hal ini membuat produk yang dihasilkan menjadi lebih sehat dan unggul. pestisida serta pestisida yang mengandung zat kimia tidak ditambahkan pada tanaman, maka pertanian jenis ini dianggap lebih menyehatkan dan juga cocok untuk gaya hidup masyarakat modern.

Tidak hanya memberikan keuntungan bagi konsumen saja, akan tetapi juga memberikan keuntungan bagi para petani. Di sini petani, tidak membutuhkan lahan luas untuk mengelola tanaman. Ini dikarenakan Anda dapat menggunakan area terbatas untuk menjalankan pertanian hidroponik.

Hal ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi para calon pebisnis di bidang pertanian untuk dapat memilih jenis tanaman organik. Salah satu keuntungan yang akan Anda peroleh adalah produknya yang sehat.  selain itu, produk yang Anda hasilkan juga akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Anda dapat menawarkan produk organik Anda ke berbagai supermarket modern. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis yang satu ini, maka diperlukan keuletan yang tinggi serta rasa tidak ingin menyerah.

  1. Tanaman Hias

peluang bisnis pertanian  lainnya yang cukup menjanjikan adalah tanaman hias. budidaya tanaman hias sendiri masuk ke dalam kategori florikultura yang sangat cocok untuk dikembangkan di negara tropis layaknya Indonesia. Meskipun konsumen tidak sebesar tanaman pangan, akan tetapi budidaya tanaman hias tetap memberikan keuntungan yang menjanjikan bagi Anda yang menjalankannya.

Hal ini disebabkan banyak orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat dengan memiliki rumah yang asri dan indah. Tanaman hias dapat Anda temukan di daerah pedesaan maupun di daerah perkotaan. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini di perkotaan, maka tanaman hias menjadi sangat menjanjikan. Hal ini mengingat tanaman hias akan membantu memberikan oksigen di wilayah kota yang padat dengan penduduk.  Tanaman hias juga sangat dibutuhkan untuk penataan taman kota agar terlihat lebih asri.

Ada Banyaknya tanaman hias yang dapat Anda budidayakan berbagai contoh mawar, anyelir, melati, anggrek, begonia, hingga tanaman bonsai dapat menjadi peluang bisnis pertanian yang efektif dan efisien. Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, maka nada perlu kesabaran karena budidaya tanaman hias juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

  1. Penyedia bibit unggul

Salah satu yang sering membuat petani rugi adalah karena gagal panen. Hal ini sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah bibit yang tidak unggul. Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Ya, alih-alih menunggu hasil panen, Anda dapat mencoba untuk menghadirkan bibit unggul untuk para petani.

Akan tetapi, untuk dapat menghasilkan bibit yang berkualitas, maka Anda memerlukan pengetahuan yang cukup. Tidaklah harus lulusan pertanian, akan tetapi Anda dapat mencari banyak ilmu melalui buku dan internet. Ya, Anda tidak boleh asal dalam menjalankan bisnis yang satu ini karena jika Anda melakukan kesalahan, maka bisa jadi bisnis Anda akan gagal.

Demikian di atas merupakan beberapa bisnis di bidang pertanian yang dapat Anda jalankan. Bisnis di atas dapat memberikan keuntungan yang besar bagi Anda. akan tetapi, Anda memerlukan kesabaran yang tinggi menunggu tanaman tersebut tumbuh dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Share